Blog buat belajar

Kamis, 02 April 2015

Metamorfosis

Metamorfosis| Metamorfosis adalah serangkaian dari proses tumbuh dan berkembang yang melibatkan perubahan struktur dan bentuk tubuh, dari yang sederhana menjadi sempurna. Metamorfosis terjadi pada hewan tertentu, contohnya seperti Kupu-kupu, Katak, Rayap, Lebah madu, Capung, Lalat, Belalang, dan Kecoa. Metamorfosis dibedakan menjadi dua, yaitu Holometabolisme (lebih sering dikenal dengan istilah Metamorfosis sempurna) dan Hemimetabolisme (lebih sering dikenal dengan istilah Metamorfosis tidak sempurna). Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Holometabolisme dan Hemimetabolisme mari kita bahas satu per satu.

  1. Holometabolisme (Metamorfosis Sempurna)
Metamorfosis Sempurna
  • Holometabolisme merupakan serangkaian proses tumbuh dan berkembang hewan yang melibatkan perubahan bentuk tubuh yang mencolok disetiap tahapnya. Tahapnya adalah telur --> larva --> pupa --> imago. Mula-mula telur menetas menjadi larva, larva akan menjadi pupa (kepompong) lalu pupa akan berubah menjadi imago (dewasa). Secara biologi, larva adalah tahap/fase awal metamorfosis yang memunyai fungsi khusus untuk mengumpulkan energi. Biasanya larva berbentuk ulat. Energi didapat dari makanan yang dimakan. Untuk apa larva mengumpulkan energi? Jawabannya karena larva adalah tahap awal dari metamorfosis, pada tahap ini larva dapat bergerak aktif, namun fase selanjutnya adalah Pupa. Pupa adalah fase di mana larva akan membungkus diri membentuk kepompong, pada fase ini terjadi pembelahan dan pengaktifan sel-sel yang sebelumnya tidak aktif, pengaktifan sel-sel ini membuat jaringan baru tersusun, dan jaringan tersebut akan menjadi organ tubuh yang baru sehingga ketika fase Pupa berakhir lahirlah Imago yang memunyai bentuk berbeda sama sekali dari fase Larva. Dikarenakan Pupa adalah Larva yang membungkus diri maka Pupa tidak dapat bergerak, jika tidak bisa bergerak maka tidak dapat mencari makan, jika tidak makan maka Pupa tidak akan mendapatkan energi, jika tidak punya energi maka Pupa tidak dapat tumbuh dan berkembang ke fase terakhir yaitu Imago (dewasa). Untuk itulah Larva selama hidupnya difungsikan sebagai pengumpul energi agar dapat bertahan hidup pada fase Pupa. Contoh hewan yang mengalami holometabolisme adalah Kupu-kupu, Katak, Nyamuk, Lalat, Lebah. 
          2. Hemimetabolisme (Metamorfosis tidak sempurna)
    • Hemimetabolisme merupakan serangkaian proses tumbuh dan berkembang hewan yang melibatkan perubahan bentuk tubuh namun tidak mencolok disetiap tahapnya (antara bentuk muda dengan dewasanya). Tahapnya adalah telur --> nimfa --> imago. Mula-mula telur menetas menjadi nimfa lalu tumbuh dan berkembang menjadi imago. Nimfa adalah hewan muda yang menyerupai bentuk hewan dewasanya namun berbeda secara ukurannya. Jadi mulai dari fase nimfa menuju imago tidak terdapat perubahan bentuk yang mencolok seperti pada hewan yang mengalami holometabolisme, tidak ada fase larva maupun pupa. Contoh hewan yang mengalami hemimetabolisme adalah Belalang, Capung, Rayap, Kecoa
    Demikian artikel mengenai metamorfosis, semoga bermanfaat.
    Share:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Definition List

    Unordered List

    Support