Blog buat belajar

Sabtu, 02 Mei 2015

Cara Kerja Otot Rangka

Cara Kerja Otot| Kontraksi otot di awali ketika terdapat impuls saraf yang sampai ke otot. Jika suatu serabut saraf mendapatkan rangsangan maka serabut otot akan mereaksi semuanya, artinya otot berkontraksi atau tidak berkontraksi. Tenaga yang dihasilkan atau digunakan untuk berkontraksinya suatu otot ditentukan oleh banyaknya serabut otot yang dirangsang, semakin banyak serabut otot yang dirangsang dan terlibat maka makin besar juga tenaga yang dihasilkan. Contohnya ketika kita melakukan gerakan mengangkat beban yang berat, dalam hal ini tenaga yang dibutuhkan otot untuk melakukan fungsi kerjanya membutuhkan tenaga yang banyak, artinya membutuhkan keterlibatan serabut otot yang banyak untuk dirangsang, sebaliknya jika kita melakukan gerakan ringan seperti berjabat tangan maka dalam hal ini otot dalam melakukan fungsi kerjanya tidak perlu menggunakan tenaga yang banyak, artinya hanya butuh sedikit rangsangan ke serabut otot untuk melakukan gerakan yang ringan.
Jika suatu otot rangka berkontraksi maka otot itu akan menarik tulang di dekat persendian. Otot berkontraksi sama artinya dengan memendek, pada saat memendek maka bagian tengah otot akan menggembung dan mengeras. Sebaliknya, jika otot berelaksasi maka otot akan memanjang, dan bagian tengahnya akan memipih dan melembek.

Untuk memermudah penjelasan di atas, coba angkat tangan kalian ke atas dengan kepalan mengarah ke bahu, kemudian turunkan tangan ke bawah, dan rabalah di tempat yang sama, rasakanlah perbedaannya. Otot yang tadi di raba adalah otot bisep. Otot bisep adalah otot yang memunyai dua ujung yang melekat pada tulang. Pada otot bisep lengan atas, ujung otot yang satu dihubungkan ke lengan bawah oleh tendon, sedangkan ujung lainnya ke tulang bahu. Ketika otot berkontraksi, maka lengan bawah akan terangkat, sedangkan tulang bahu tetap di tempatnya. Tempat melekatnya otot pada tulang yang bergerak, yaitu tulang lengan bawah disebut dengan insersi. Sedangkan tempat melkatnya otot yang diam, yaitu tulang bahu disebut dengan asal atau origin.

Otot Bisep dan Trisep bekerja secara antagonis

Sebagian besar otot berpasangan, bekerja secara berlawanan. Pada pasangan otot, jika otot satu mengangkat suatu tulang, maka otot lain berfungsi menurunkannya. Pasangan otot yang bekerja secara berlawanan disebut dengan antagonis. Misalnya otot bisep dan otot trisep, ketika otot bisep membengkokkan tangan maka otot trisep pada bagian belakang akan meluruskan tangan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support