Blog buat belajar

Sabtu, 02 Mei 2015

Sistem Otot pada Manusia| Bahan Ajar Kelas VIII

Sistem Otot| Otot memegang peranan yang penting di dalam sistem gerak, otot merupakan alat gerak aktif yang berfungsi untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh. Otot merupakan jaringan yang bersifat elastis, terdiri dari sel-sel yang disebut dengan serabut otot (lebih dari 600 otot tubuh merupakan 40% dari bobot tubuh kita). Tanpa otot, tulang dan sendimu tidak memiliki kekuatan untuk bergerak.
Berdasarkan cara bekerja otot, otot dibedakan menjadi otot sadar dan otot tidak sadar. Otot sadar adalah otot yang dalam fungsi kerjanya dapat di kontrol, misalnya otot tangan dan kakimu, serta otot-otot pada muka, dalam menggerakkannya tentu kalian dapat melakukannya secara sadar. Otot tak sadar adalah otot yang dalam fungsi kerjanya tidak bisa di kontrol secara sadar, misalnya otot-otot pada organ-organ dalam seperti  otot-otot pada organ sistem pencernaan, makanan yang kalian makan dapat bergerak menuju ke usus karena akibat otot tak sadar, otot ini bekerja sepanjang hari tanpa di kontrol melalui kesadaran, seandainya otot-otot dalam organ dalam seperti lambung dan usus harus di kontrol secara sadar maka ketika tidur lambung dan usus kita akan berhenti bekerja. Begitu indahnya ciptaan Allah SWT yang menciptakan segala makhluk dengan sempurna.

Berdasarkan sel-sel penyusunnya otot dibagi menjadi 3 macam, yaitu:  otot polos, otot lurik, dan juga otot jantung.
  • Otot Polos. Otot polos berbentuk gelendong dengan kedua ujung yang meruncing, sedangkan bagian tengahnya membesar. Otot polos tergolong otot tidak sadar, terdapat pada dinding lambung, usus halus, rahim, kantung empedu, pembuluh darah, paru-paru, dan lainnya. Otot polos bekerja secara lambat, teratur, dan tidak mudah lelah.
  • Otot Lurik. Otot lurik adalah otot yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh, jika di lihat di bawah mikroskop, sel-sel otot lurik/rangka ini terlihat berlurik-lurik atau bergaris-garis secara melintang, otot lurik/rangka melekat pada tulang dengan perantaraan tendon. Tendon yaitu pita tebal, berserabut , yang berfungsi untuk melekatkan otot pada tulang. Jika kita memakan daging ayam, ataupun daging lainnya, sebenarnya yang kita makan adalah otot lurik. Otot ini bekerja secara sadar, fungsi kerja otot lurik dapat kita kontrol, misalnya dengan adanya otot lurik yang bekerja secara sadar kita dapat menentukan kapan berjalan dan kapan diam, otot lurik/rangka cenderung cepat berkontraksi dan juga cepat lelah.
  • Otot Jantung. Otot jantung hanya terdapat di jantung, otot ini juga tergolong otot tidak sadar, jika dilihat di bawah mikroskop sel-sel penyusun otot jantung memunyai garis-garis seperti halnya pada otot lurik/rangka, namun bedanya adalah sel-sel pada otot jantung bercabang dan bekerja secara tidak sadar, otot jantung bekerja secara teratur dan tidak mudah lelah. Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hidup kita, otot jantung berkontraksi pada saat jantung telah berdenyut. Otot ini tidak dapat dikontrol oleh kemauan sadar kita, meskipun kita berpura-pura mati dengan behenti bernafas sejenakpun jantung kita akan tetap berdenyut/berkontraksi.
otot jantung, otot rangka, otot lurik
Otot Jantung, Otot Rangka/Lurik, Otot Polos
Perbedaan pada ketiga jenis otot pada Manusia ini dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Perbedaan otot lurik. otot rangka, dan otot jantung

    Demikian artikel mengenai Sistem Otot pada Manusia, baca juga mengenai Macam-macam tulang pada Manusia, dan macam-macam persendian agar kalian lebih memahami mengenai sistem gerak pada manusia. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.
    Share:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Definition List

    Unordered List

    Support