Blog buat belajar

Rabu, 22 April 2015

Macam-Macam Jenis dan Bentuk Tulang| Bahan Ajar Kelas VIII

Macam-Macam Jenis dan Bentuk Tulang| Sebelumnya kita telah membaca mengenai Sistem Gerak Pada Manusia dan pada artikel kali ini kita akan mengenal macam-macam jenis dan bentuk tulang pada manusia. 

Tulang berdasarkan jaringan penyusunnya dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras. Tulang rawan adalah tulang yang terbentuk dari jaringan tulang rawan yang mengandung banyak zat perekat (kolagen) dan sedikit zat kapurnya, sehingga tulang rawan bersifat elastis. Tulang rawan banyak dijumpai pada persendian, telinga, hidung, bagian dalam trakea, dan ruas-ruas tulang belakang. Tulang rawan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan fibrosa, dan tulang rawan elastik.

Tulang keras adalah tulang yang terbentuk dari jaringan tulang keras yang mengandung sedikit zat perekat (kolagen) dan banyak mengandung zat kapur, sehingga tulang menjadi keras. Di dalam susunan sel-sel tulang terdapat saluran havers dan sel-sel tulang (osteosit) yang seperti lingkaran berlapis-lapis. 

tulang rawan dan tulang sejati pada manusia
Struktur Tulang
 

Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tiga, yaitu tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek.

  • Tulang Pipa. Tulang Pipa adalah tulang yang berbentuk seperti pipa, tulang pipa sering disebut dengan tulang panjang. Seperti namanya, tulang pipa berbentuk bulat memanjang seperti pipa dengan bagian ujung berbonggol. Bagian yang berbonggol merupakan tulang spons karena berongga seperti spons. Tulang spons berisi sumsum merah tulang, sumsum merah tulang merupakan tempat produksi sel-sel darah merah. Bagian tengah tulang pipa berisi jaringan lemak (sumsum kuning). Beberapa contoh tulang kering, tulang betis, tulang paha,dan tulang hasta.
  • Tulang Pipih. Tulang Pipih adalah tulang yang berbentuk pipih atau gepeng. Bagian dalam tulang pipih tidak berongga melainkan pejal. Di bawah bagian tulang kompak (tulang keras) juga terdapat tulang spons yang berisi sumsum merah tulang. Contoh tulang pipih antara lain tulang rusuk, tengkorak, tulang dada, dan tulang belikat.
  • Tulang Pendek. Tulang Pendek adalah tulang yang pendek dan berisi sumsum merah. Tulang pendek termasuk tulang pejal karena bagian dalamnya tidak berongga. Tulang pendek umumnya membentuk ruas-ruas tulang. Misalnya, ruas-ruas tulang belakang, ruas-ruas pergelangan tangan, ruas-ruas jari tangan, dan ruas-ruas jari kaki.
a) contoh tulang pipa, b) contoh tulang pipih, c) contoh tulang pendek
Demikian artikel mengenai macam-macam jenis dan bentuk tulang, semoga bermanfaat. Baca juga artikel mengenai sistem gerak lainnya
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support