Blog buat belajar

Kamis, 16 April 2015

Biota Ekosistem Estuaria

Biota Ekosistem Estuaria| Biota Ekosistem Estiaria pada artikel ini akan diklasifikasikan ke dalam Fauna dan Flora
a) Fauna

Ada tiga komponen fauna utam penghuni estuaria yaitu fauna laut, tawar dan fauna khas estuaria itu sendiri. Dari ketiganya, fauna laut merupakan yang terbesar dalam jumlah species dan individunya, karena sebagian besar fauna laut bersifat eurihalin sehingga mampu menembus dan masuk estuaria sampai batas salinitas rendah. Bahkan beberapa species tertentu seperti Anguila sp dapat menembus sampai salinitas 3‰.Fauna khas air payau atau estuaria terdiri dari species yang terdapat pada kisaran salinitas antara 5‰ - 30‰, tetapi tidak ditemukan di air tawar maupun yang sepenuhnya air laut, contohnya antara lain adalah tiram (Crassostrea ostrea), siput kecil (Hydrobia), berbagai tiram dan udang.

Ada beberapa kecenderungan beberapa genera estuarin penyebarannya kearah laut, bukan masalah toleransi fisiologis tetapi cenderung kearah interaksi biologis (pemangsaan). Komponen fauna terakhir adalah fauna air tawar. Fauna air tawar umumnya bersifat stenohalin sehingga tidak mampu menghuni estuaria dengan salinitas di atas 5‰. Di samping fauna di atas, juga terdapat fauna yang hanya menghabiskan sebagian daur hidupnya di estuaria. Contohnya stadia juvenil beberapa jenis udang Penaidae. Fauna estuaria termasuk juga yang hanya masuk daerah ini sekedar untuk mencari makan termasuk beberapa jenis ikan dan burung.

Keruhnya perairan estuaria menyebabkan hanya tumbuhan mencuat yang dapat tumbuh mendominasi. Rendahnya produktifitas primer di kolam air, sedikitnya herbivora dan terdapatnya sejumlah besar detritus menunjukkan bahwa rantai makanan pada ekosistem estuaria merupakan rantai makanan detritus. 

Karakteristik ( ciri – ciri ) ekosistem estuaria adalah sebagai berikut :
  1. Keterlindungan. Estuaria merupakan perairan semi tertutup sehingga biota akan terlindung dari gelombang laut yang memungkinkan tumbuh mengakar di dasar estuaria dan memungkinkan larva kerang-kerangan menetap di dasar perairan.
  2. Kedalaman. Kedalaman estuaria relatif dangkal sehingga memungkinkan cahaya matahari mencapai dasar perairan dan tumbuhan akuatik dapat berkembang di seluruh dasar perairan, karena dangkal memungkinkan penggelontoran (flushing) dengan lebih baik dan cepat serta menangkal masuknya predator dari laut terbuka (tidak suka perairan dangkal).
  3. Salinitas air. Air tawar menurunkan salinitas estuaria dan mendukung biota yang padat.
  4. Sirkulasi air. Perpaduan antara air tawar dari daratan, pasang surut dan salinitas menciptakan suatu sistem gerakan dan transport air yang bermanfaat bagi biota yang hidup tersuspensi dalam air, yaitu plankton.
  5. Pasang. Energi pasang yang terjadi di estuaria merupakan tenaga penggerak yang penting, antara lain mengangkut zat hara dan plangton serta mengencerkan dan meggelontorkan limbah.
  6. Penyimpanan dan pendauran zat hara. Kemampuan menyimpan energi daun pohon mangrove, lamun serta alga mengkonversi zat hara dan menyimpanya sebagai bahan organik untuk nantinya dimanfaatkan oleh organisme hewani.

b) Flora

Hampir semua bagian estuaria terus menerus terendam dan terdiri dari substrat Lumpur halus sehingga tidak cocok melekatnya makroalga. Kekeruhan yangsangat tinggi juga menyebabkan terbatasnya daya tembus cahaya matahari ke lapisanyang dangkal sekalipun, sehingga lapisan dasar estuaria miskin tumbuhan hidup.Hanya ada beberapa jenis algae yang sering ditemukan di sebstrat dasar estuaria antaralain: Ulva, Enteromorpha, Chaetomorpha dan Cladophora, namun algae ini jugabersifat musiman. Kekruhan yang tinggi menyebabkan flora dominan yang tumbuhsebagian besar dari kelompok tumbuhan berbungan berumur panjang yangmenancapkan akar-akarnya ke dalam substrat dan membentuk komunitas khas yangdikenal sebagai Hutan Mangrove.

Demikian artikel mengenai Biota Ekosistem Estuaria , semoga bermanfaat.
Share:

1 komentar:

  1. artikelnya bagus. berbobot sangat membantu untuk tugas kuliah.

    BalasHapus

Definition List

Unordered List

Support