Blog buat belajar

Senin, 06 April 2015

Struktur Organisasi Kehidupan| Bahan ajar Kelas VII

Struktur Organisasi Kehidupan| Dalam lingkungan Anda tinggal, adakah struktur organisasi yang dibuat? di lingkungan Desa misalnya, pasti ada struktur organisasi Desa yang dipimpin oleh Lurah, dan jika Anda perhatikan ternyata Desa juga merupakan bagian terkecil dari Kecamatan, Kecamatan bagian dari Kabupaten, Kabupaten bagian dari Propinsi, dan Propinsi bagian dari Negara. Semua komponen terkecil tersebut menjalankan fungsinya masing-masing secara terorganisir agar komponen yang tingkat di atasnya juga dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Contohnya, jika Desa-Desa dalam suatu Kecamatan menjalankan fungsinya dengan baik maka Kecamatan tersebut juga akan Baik, begitu seterusnya hingga Negara juga akan baik.


Tidak hanya di lingkungan Anda tinggal, ternyata manusia sebagai individu inipun menjadi sebuah struktur organisasi dalam kehidupan, apakah kita merupakan bagian/unit yang terkecil atau justru yang terbesar? untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita bahas bersama.

 
Hirarki organisasi kehidupan
Hirarki Organisasi Kehidupan
Dari gambar di atas terlihat bahwa sel merupakan bagian yang terkecil dari hirarki (susunan) kehidupan. Sebenarnya masih ada lagi bagian-bagian yang lebih kecil dari sel, seperti molekul, atom, dan senyawa, tapi kita tekankan dalam pembelajaran ini mulai dari sel. Sel adalah unit terkecil yang hidup dan mampu menjalankan aktivitas metabolismenya sendiri.
*Catatan: bagi guru yang mengajarkan materi ini, diharapkan mampu untuk membuat konsep yang kuat mengenai sel sebagai dasar dari penyusun kehidupan, karena konsep ini akan terus dipakai hingga jenjang selanjutnya, jadi bagi guru selaku pendidik harus menanamkan konsep-konsep pada materi ini dengan benar.
Sel
Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun makhluk hidup. Jika hanya membaca definisi sel tersebut pasti masih sulit dipahami oleh peserta didik yang awam terhadap kata sel, oleh karena itu akan saya jabarkan hingga sesederhana mungkin agar mudah dimengerti. Dalam definisi sel terdapat kata hubung "dan" yang menandakan bahwa kalimat tersebut kalimat majemuk, sekarang mari kita pisahkan menjadi "unit struktural terkecil penyusun makhluk hidup" dan unit fungsional terkecil penyusun makhluk hidup".

Maksud dari sel sebagai unit struktural terkecil penyusun makhluk hidup adalah bahwa setiap makhluk hidup tersusun dari sel, dan sel merupakan unit/bagian yang paling kecil dari makhluk hidup, sedangkan maksud dari sel sebagai unit fungsional terkecil penyusun makhluk hidup adalah sel yang mengatur semua fungsi kehidupan/aktivitas kehidupan dari makhluk hidup, berfungsinya seluruh tubuh dari makhluk hidup tidak terlepas dari berfungsinya seluruh sel-sel yang menyusun tubuh makhluk hidup tersebut, kenapa berfungsinya sel-sel makhluk hidup berpengaruh terhadap aktivitas makhluk hidup tersebut? sekali lagi karena sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup itu sendiri. Seperti di contohkan dalam awal paragraf artikel ini, kecamatan akan berfungsi dengan baik apabila desa-desa menjalankan fungsinya dengan baik, karena desa adalah unit terkecil dari sistem pemerintahan, jika semua desa baik maka kecamatan baik, jika semua kecamatan baik maka kabupaten baik, jika semua kabupaten baik maka semua propinsi baik, jika semua propinsi baik maka negara juga akan baik, insyaallah seperti itu. Sama seperti sel, jika sel-sel berfungsi dengan baik, maka jaringan akan berfungsi dengan baik, begitu seterusnya hingga makhluk hidup itu juga akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sel memunyai bentuk dan ukuran yang bermacam-macam, di mana bentuk-bentuk tersebut akan memengaruhi daripada fungsi yang dilakukan oleh sel itu sendiri. Anda ingat bukan pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai ciri-ciri makhluk hidup yang di dalamnya terdapat salah satu ciri yaitu adaptasi, dalam artikel itu saya contohkan adaptasi dari bentuk kaki burung elang, bentuk kaki burung elang menyesuaiakan dengan fungsinya yaitu untuk menerkam mangsa, jika bentuk kaki burung elang berselaput seperti bebek, maka tidak mungkin kaki burung elang dugunakan untuk menerkam mangsa. Sama seperti sel, bentuk dari sel yang bermacam-macam juga berpengaruh terhadap fungsi dari masing-masing sel tersebut, dan sel yang memunyai bentuk dan ukuran yang sama akan bekerja sama dalam menjalankan fungsinya.

Jaringan
Sebelumnya kita sudah mengerti konsep bahwa sel merupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup, jika sel adalah yang terkecil maka ada bagian di atasnya yang lebih besar daripada sel, yaitu jaringan. Jaringan adalah kumpulan dari sel-sel yang memunyai bentuk dan ukuran yang sama, di mana kumpulan tersebut menjalankan fungsi yang sama. Pada manusia dan sebagian hewan terdiri dari empat jaringan dasar, yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Pada tumbuhan ada jaringan epidermis (pelindung), jaringan parenkim (dasar), jaringan penyokong (penguat), dan jaringan pengangkut (terdiri dari xilem dan floem). Masing-masing dari jaringan tersebut memunyai fungsi yang berbeda, dan ingat konsepnya bahwa fungsi jaringan yang berbeda dikarenakan sel penyusunnya juga berbeda.

Organ
Kita sudah mengenal empat jaringan dasar pada manusia, maupun tumbuhan, di mana jaringan tersebut memunyai fungsi yang berbeda-beda, namun keempat dari jaringan dasar tersebut akan membentuk satu kesatuan fungsi yang sama yang disebut dengan organ. Ingat konsep yang akan saya berikan "Semua organ pada manusia (Jantung, mata, ginjal, hidung, lambung, paru-paru, dan lainnya) tersusun dari empat jaringan dasar (epitel, ikat, otot, dan syaraf)". Lalu apa yang membuat empat jaringan dasar yang sama (epitel, ikat, otot, dan syaraf) berubah menjadi organ yang berbeda fungsi dan bentuknya?, memang benar semua jaringan dasar pada organ itu sama, tapi penyusunnya tetap berbeda disesuaikan dengan fungsinya, misalnya jaringan epitel, jaringan epitel penyusun organ jantung dengan organ lambung tidak sama, karena jaringan epitel juga banyak jenisnya tergantung dari sel penyusunnya. Untuk memudahkannya kita ambil contoh seperti ini, dalam membangun semua rumah kita membutuhkan bahan dasar yaitu batu bata, pasir, semen dan genting, tapi setelah dibangun tidak semua rumah memunyai bentuk yang sama bukan? ada faktor-faktor yang memengaruhi sehingga bentuknya tidak sama, bisa dari jumlah bahan dasar yang digunakan ataupun jenis bahan dasar yang berbeda, misal semennya berbeda, batu batanya berbeda dan lainnya. Sama seperti organ, organ memang disusun dari empat jaringan dasar yang sama, tapi masing-masing jaringan juga banyak jenisnya tergantung dari sel penyusunnnya. Mari kita lihat gambar di bawah ini agar lebih mudah memahami kalimat-kalimat di atas.


Jaringan penyusun organ tangan
Nah di atas saya sudah berikan kedua gambar organ yang berbeda, tetapi keduanya tersusun oleh empat jaringan dasar yang sama (epitel, ikat, otot, dan saraf), tetapi coba perhatikan bentuk dari jaringan tersebut, meskipun namanya sama, apakah bentuknya sama? tidak bukan, hal itu dikarenakan sel penyusunnya memunyai bentuk yang berbeda, lihat pada gambar organ lambung, jaringan epitel tersusun dari kumpulan sel-sel yang memanjang ke atas, sedangkan epitel pada organ lambung sel penyusunnya berbentuk tidak beraturan dan menumpuk (berlapis-lapis).

Sistem Organ
Sistem organ adalah bentuk kerjasama antarorgan untuk melakukan fungsi-fungsi yang lebih kompleks (rumit) di dalam tubuh. Berbagai macam sistem organ pada manusia akan saya berikan melalui gambar di bawah ini;

Sistem Pencernaan pada Manusia beserta organ penyusunnya
Sistem Pernafasan pada Manusia beserta organ penyusunnya
Sistem Gerak pada Manusia beserta organ penyusunnya


Sistem Peredaran Darah pada Manusia beserta organ penyusunnya

Sistem Eksresi pada Manusia beserta organ penyusunnya
Sistem Reproduksi pada Manusia beserta organ penyusunnya
Organisme, Populasi, Komunitas, Ekosistem, dan Bioma
Kumpulan dari berbagai sistem organ yang berfungsi secara sinergis, atau dapat juga disebut individu makhluk hidup, individu/organisme yang berkumpul dengan ciri-ciri yang sama disebut populasi, contoh populasi ayam, populasi manusia. Populasi-populasi yang berkumpul di dalam satu tempat hidup yang sama di sebut komunitas, contoh: komunitas terumbu karang, dalam komunitas tersebut terdapat beberapa populasi seperti populasi ikan, populasi plankton), komunitas yang mengadakan interaksi dengan lingkungannya disebut ekosistem, ekosistem-ekosistem yang berada dalam letak geografis yang sama membentuk bioma.

Demikian artikel mengenai Struktur Organisasi Kehidupan, agar kalian lebih mudah memahami dan memelajarinya, sebaiknya buatlah rangkuman dengan cara membuat point untuk menyimpulkan tiap-tiap pokok bahasan, semoga bermanfaat. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support