Blog buat belajar

Jumat, 22 Juni 2018

CPNS 2018, Modul Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) NKRI

Modul Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) NKRI persiapan CPNS 2018


Setiap negara pada hakikatnya wawasan kebangsaan, demikian juga dengan bangsa Indonesia memiliki wawasan kebangsaan yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara 1945. Wawasan kebangsaan sebagai sudut pandang suatu bangsa dalam memahami jati   diri dan lingkungan keberadaannya, pada dasarnya merupakan penjabaran dari falsafah bangsa, sesuai dengan keadaan wilayah suatu negara dan sejarah yang dialami bangsa itu. Wawasan kebangsaan menentukan cara suatu bangsa memanfaatkan kondisi geografis, sejarah, sosial-budaya dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional serta bagaimana bangsa itu memandang diri dan lingkungan baik ke dalam maupun keluar.

Dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka makna dan hakikat serta pengejawantahan wawasan kebangsaan tersebut penting dipahami oleh setiap warga negara Indonesia, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), khususnya PNS di lingkungan Kementerian Keuangan, mengingat kedudukannya sebagai salah satu unsur aparatur negara yang berperan sebagai perekat kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bahan ajar ini disusun untuk peserta Diklat Prajabatan Golongan III selaku Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan agar memahami wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI, yang ke depan diharapkan akan berperan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam persiapan menghadapi seleksi CPNS 2018 ini admin akan membantu memberikan modul wawasan kebangsaan NKRI lengkap dengan soal dan jawaban.



Jika Preview tidak dapat ditampilkan, silahkan anda download file tersebut.
Untuk mendownload secara utuh preview di atas dengan format pdf silahkan download di sini
semoga bermanfaat dan sukses Tes CPNS !!

Follow untuk terus update berbagai hal di sini!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support